EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa?

Betty Kusumaningrum (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
Krida Singgih Kuncoro (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
Riawan Yudi Purwoko (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Aprilia Nurul Chasanah (Universitas Tidar, Indonesia)
Dhimas Nur Setyawan (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
Niken Hajar Indah Sari (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
Rani Puspita (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Dalam menghadapi perkembangan zaman yang sangat pesat, kompetensi mahasiswa harus lebih disiapkan agar mampu memenuhi tuntutan zaman. Perguruan Tinggi sebagai tingkatan tertinggi dalam dunia pendidikan, harus mampu menyiapkan generasi-generasi penerus bangsa untuk mampu menghadapi masa depan yang berubah cepat. Pemerintah membantu pencapaian Perguruan Tinggi melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan harapan mampu meningkatkan hard skills dan soft skills mahasiswa. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui dampak penerapan program MBKM terhadap peningkatan hard skills mahasiswa. Untuk memperoleh data, dilakukan survei menggunakan kuesioner online terhadap 83 mahasiswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program MBKM dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan teknologi, kemampuan menulis dan riset, kemampuan dalam menggunakan bahasa asing, kemampuan dalam mengajar, kemampuan dalam mengoperasikan berbagai perangkat elektronik, dan kemampuan dalam menggunakan berbagai software

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...