EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Gambaran School Wellbeing pada Mahasiswa

Novita Maulidya Jalal (Universitas Negeri Makassar)
Irdianti Irdianti (Universitas Negeri Makassar)
Rahmawati Syam (Universitas Negeri Makassar)
St. Hadjar Nurul Istiqamah (Universitas Negeri Makassar)
Wilda Ansar (Universitas Negeri Makassar)
Ismalandari Ismail (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran deskriptif tentang kesejahateraan di sekolah atau school wellbeingpada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling incidental dengan jumlah subjek yakni . 55 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNM meliputi 43 perempuan dan 12 laki-laki.Instrumen yang digunakan adalah skala school wellbeing dalam bentuk skala likert. Adapun analisis mengacu pada 5 kategorisasi tingkatan school wellbeing dimulai dari sangat rendah hingga sangat tinggi. Analisis data menggunakan bantuan SPSS.Hasil penelitian ini yaitu tingkat school wellbeing (swb) mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNM tergolong sedang.Jika dilihat dari aspek swb, maka SWB mahasiswa paling tinggi pada aspek loving atau hubungan positif dengan lingkungan sosialnya.Sedangkan aspek SWB terendah pada aspek kesehatan atau health mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...