EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pengaruh Pembelajaran Tematik Model Terkait (Connected Model) Berbasis Masalah terhadap Ketercapaian Kompetensi Mahasiswa melalui E-Learning

Lise Chamisijatin (Universitas Muhammadiyah Malang)
Fendy Hardian Permana (Universitas Muhammadiyah Malang)
Siti Zaenab (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
21 May 2022

Abstract

Pembelajaran berdasarkan materi memiliki kelemahan, dimana mahasiswa hanya menguasai konten materi saja dan tidak bisa mengantar mencapai kompetensi. Karakteristik pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada tingkat penguasaan. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan tematik dalam proses pembelajaran, karena dengan tematik mahasiswa tidak akan terfokus pada satu materi saja, tetapi pemahaman mahasiswa bisa lebih luas dalam memahami materi karena materi-materi dikemas dalam suatu tema. Solusi tersebut diperkuat menggunakan pembelajaran tematik berbasis permasalahan, sehingga memacu mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran e-learning. Tujuan penelitian adalah melihat pengaruh pembelajaran tematik model terkait (connected model) berbasis masalah terhadap ketercapaian kompetensi mahasiswa melalui e-learning. Jenis penelitian ini quasi eksperimen, menggunakan pretes & postes control group desain. Data yang dikumpulkan adalah pengetahuan, afektif dan keterampilan. Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang pada matakuliah strategi pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan pretes postes, rubrik penilaian tugas dan observasi afektif. Instrumen penelitian menggunakan soal protes postes, lembar rubrik untuk menilai tugas mahasiswa, dan jurnal sikap/afektif. Analisis data untuk pengetahuan dilakukan dengan ankova, sedangkan untuk data afektif dan keterampilan menggunakan anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran e-learning melalui tematik model terkait berbasis masalah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...