Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 5, No 1 (2022): April

Nilai Kearifan Lokal Majalengka Sebagai Pembentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar

Irma Sofiasyari (STKIP Pangeran Dharma Kusuma)
Devi Afriyuni Yonanda (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Kearifan lokal yang terdapat pada masyarakat di Indonesia banyak mengandung nilai luhur budaya bangsa, salah satunya kearifan lokal di Kabupaten Majalengka. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat Majalengka untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar, 2) cara menanamkan nilai tersebut sehingga dapat membentuk karakter siswa sekolah dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka sistematis, langkah penelitiannya yaitu menemukan artikel yang sesuai dengan dua kata kunci, memenuhi kriteria inklusi eksklusi, lolos penilaian kualitas terdiri dari penilaian pertanyaan penelitian, metodologi, dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal Kabupaten Majalengka yang dapat diajarkan kepada siswa SD adalah tari kedempling, tari simbarkencana, jum’at bersih, dan tradisi di Majalengka. Nilai karakter yang terdapat dalam kearifan lokal tersebut diantarnya (1) religius, (2) toleransi, (3) disiplin, (4) jujur, (5) demokrasi, (6) mandiri, (7) bersahabat/ komunikatif, (8) peduli sosial, dan (9) bekerja keras.  Bentuk implementasinya dengan mengintegrasikan pada pembelajaran tematik bidang SBdP, kegiatan pembiasaan dan mengajak siswa untuk ikut serta pada kegiatan tradisi masyarakat Majalengka. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran untuk mengembangkan penelitian selanjutnya mengenai kearifan lokal dan diintegrasikan pada pembelajaran lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...