JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 1, No 1 (2018): JIMB - Volume 1 Nomor 1 Mei 2018

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM (ESOP) DENGAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MENERAPKAN PROGRAM ESOP (Studi Perusahaan Jasa di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Livia Botutihe (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Dewi Indrayani Hamin (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Hais Dama (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan yang Menerapkan Program Employee Stock Ownership Program (ESOP) dan yang Tidak Menerapkan Program ESOP (Studi Perusahaan Jasa di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja perusahaan pada perusahaan yang menerapkan program ESOP dan pada perusahaan yang tidak menerapkan program ESOP (Studi Perusahaan Jasa Periode 2012-2014). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji beda dua rata-rata (Independent Sample t-test). Berdasarkan hasil uji statistic diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perusahaan yang menerapkan program ESOP dan perusahaan yang tidak menerapkan program ESOP ditinjau dari rasio (variabel) Profitabilitas yang diproksikan dengan NPM, ROA dan ROE, rasio Solvabilitas yang diproksikan dengan Debt to Asset Ratio (DAR), rasio Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio. Sementara jika ditinjau dari rasio (variabel) Aktivitas yang diproksikan dengan Total Asset Turnover (TATO) diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...