Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa
Vol 17, No 2 (2019): METALINGUA EDISI DESEMBER 2019

PERUBAHAN WILAYAH PAKAI BAHASA SUNDA DAN BAHASA JAWA DI KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH (THE SUNDANESE AND JAVANESE LANGUAGE USAGE AREA CHANGES IN CILACAP REGENCY, CENTRAL JAVA)

Linda Sari Wulandari (Politeknik Negeri Jakarta)
Amalina Shomami (Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

AbstrakKabupaten Cilacap merupakan wilayah pakai bahasa Sunda dan bahasa Jawa. Bahasa bersifat dinamis sehingga wilayah pakai bahasa di Kabupaten Cilacap juga mengalami perubahan, terutama perubahan wilayah pakai bahasa Sunda karena sebelumnya pada tahun 1993 sudah pernah ada yang memetakan wilayah pakai bahasa di Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan batas wilayah pakai bahasa Sunda dan bahasa Jawa sehingga perubahan batas penggunaan bahasa setelah lebih dari 20 tahun dapat diketahui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh batas wilayah pakai bahasa antara bahasa Sunda dan bahasa Jawa, peneliti menggunakan berkasberkas isoglos dalam peta bahasa. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada perubahan batas wilayah pakai kedua bahasa. Bahasa Sunda yang tadinya hanya ada di bagian barat-utara kini setelah lebih dari 20 tahun juga terdapat di bagian selatan Kabupaten Cilacap, sedangkan wilayah pakai bahasa Jawa ada di bagian tengah hingga timurKabupaten Cilacap.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

METALINGUA is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. All articles in Metalingua have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. METALINGUA is published by West Java Balai Bahasa twice a year, in June and ...