JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022

Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Kompetensi Profesional dan Dukungan Sistem

Yansen Alberth Reba (Universitas Cenderawasih)
Habel Saud (Universitas Cenderawasih)
Andika Ari Saputra (Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung)
Nindya Ayu Pristanti (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling SMA-SMK Se-Kota Jayapura., 2 Untuk mengetahui pengaruh dukungan sistem terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling SMA-SMK Se-Kota Jayapura, 3) Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional dan dukungan sistem terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling SMA-SMK Se-Kota Jayapura. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan jenis survey cross-sectional. Dalam penelitian yang dilakukan menggunakan sampling jenuh. Dengan demikian, maka seluruh guru SMA dan SMK di kota Jayapura menjadi sampel yang berjumlah 36 orang. Hasil dari penelitian ini kompetensi Profesional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Dukungan Sistem  berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi Profesional dan dukungan sistem berpengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBKI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the ...