SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 5, No 1 (2022): January - Juny

Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi

Nurdiansyah Nurdiansyah (PPs STIE Amkop Makassar)
Andrew Ridow Johanis M (Unknown)
Abd. Azis (Unknown)
Rusdiaman Rauf (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Pada Kantor Cabang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adakah kualitatif dengan teknik pengambilan sampel secara insedental pada Kantor Cabang di Jalan Sungai Saddang Lama Kompleks Lattanete Plaza Makassar. Penelitian adalah penelitian kualitatif dan teknik penentuan sampel secara insidental. Adapun teknik pengumpula data dalam penelitian ini di laksanakan dengan observasi secara langsung di Kantor Cabang Makassar melalui wawancara terhadap informan sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah diakibatkan karena kualitas produk yang baik terutama premi asuransi lebih murah, manfaat atau nilai sosialnya sangat berarti bagi nasabah. Sedangkan kualitas layanan dalam penggunaan teknologi dan sosial media perlu edukasi yang lebih intensif sehingga nasabah dapat menggunakan fasilitas dengan baik. Untuk mempertahan loyalitas nasabah, peralihan pelayanan dari staf kantor ke penggunaan teknologi dan sosial media harus terlebih dahulu di edukasi lebih insentif melalui pertemuan nasabah atau para agen harus mengajarkan secara langsung kepada nasabah. Kata Kunci: Kepuasan; Loyalitas; Nasabah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...