Jurnal Artefak
Vol 9, No 1 (2022): April

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Yusinta Tia Rusdiana (Universitas Muhamdiyah Palembang)
Husna Husna (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Heryati Heryati (Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keingintahuan penulis terhadap model pembelajaran Question Student Have yang diterapkan dalam proses pembelajaran sejarah. Mengetahui  (1)Bagaimana Proses Penerapan Model pembelajaran  Question Student Have siswa  Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palembang tahun 2017/2018 ? (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru pada saat Penerapan Model pembelajaran  Question Student Have  (3) Adakah pengaruh pembelajaran sejarah melalui Model pembelajaran  Question Student Have terhadap hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palembang . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan jenis penelitian kuantitatif. Tehnik pengumpulan data: (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi; (4) Tes. Kesimpulan: Proses penerapan model pembelajaran Question Student Have dilakukan peneliti dengan memulai membagi kelas menjadi beberpa kelompok kemudian guru membagikan kartu kosong setelah itu guru memberi penjelasan terhadap materi pembelajaran dengan pokok bahasan Pendudukan Jepang di Indonesia. Kendala yang dihadapi saat melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Question Student Have antara lain adalah peneliti menemukan bahwa tidak semua siswa memiliki buku paket sehingga menyulitkan siswa pada saat kegiatan belajar-mengajar, siswa juga kurang paham dengan materi yang dijelaskan oleh guru karena keterbatasan waktu.Pengaruh model pembelajaran Question Student Have yang dilakukan peneliti adalah sangat nyata. Pengaruh tersebut terlihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 83,03 saat mengikuti tes pertama dan tes kedua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

artefak

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ARTEPAK, diterbitkan olah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan profesi guru IPS, kajian Sejarah Lokal & Nasional, Kebudayaan, dan ...