NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 4 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA SITUDAM UNTUK PENANGANAN COVID-19 TAHUN 2020

Indrianti Indrianti (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)
Lukmanul Hakim (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kariena Febriantin (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Dengan adanya Covid 19 menyebabkan keresahan bagi seluruh dunia. Covid 19 berdampak pada seluruh sektor yang ada. Desa Situdam, Kabupaten  Karawang  telah  menerapkan  kebijakan  mengalokasikan dana khusus untuk penanganan Covid 19.  Jumlah anggaran yang dialokasikan oleh Pemerintah Desa Situdam untuk penanganan Covid 19 yang dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun 2020 yaitu sebesar Rp421.200.000,00. Anggaran tersebut dialokasikan kepada 156 Jiwa dengan rincian sebesar Rp600.000,00 selama 3 bulan dan Rp300.000,00 selama 3 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan dana Desa Situdam untuk menangani Covid 19 Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa dalam Implementasi Kebijakan Dana Desa Situdam untuk menangani Covid 19 sudah berjalan dengan baik merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Desa Situdam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...