JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Vol 21, No 1 (2022): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

INTEGRASI PROGRAM SOCIAL EMOTIONAL LEARNING KE DALAM PROGRAM LATIHAN TARUNG DERAJAT UNTUK PENGEMBANGAN SOCIAL EMOTIONAL DALAM RANGKA POSITIF YOUTH DEVELOPMENT

Anne Patmah Annisa (Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Amung Ma'mun (Pendidikan Jasmani Pasca Sarjana UPI)
Tite Juliantine (Pendidikan Jasmani Pasca Sarjana UPI)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan perkembangan social emotional pada kelompok latihan tarung derajat yang terintegrasi social emotional learning, kelompok latihan tarung derajat yang nonintegrasi social emotional learning dan kelompok yang tidak mengikuti latihan olahraga dalam rangka pengembangan anak muda yang positif. Metode yang digunakan dalam penelatian ini adalah pretest-posttest control group design with more than one experimental group. Instrumen yang digunakan yaitu Social dan Emosional atau Non-kognitif Nationwide Assessment (SENNA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh perkembangan social emotional pada kelompok latihan tarung derajat yang terintegrasi social emotional learning dan kelompok latihan tarung derajat yang non-integrasi social emotional learning. Sedangkan tidak terdapat pengaruh perkembangan social emotional learning pada kelompok yang tidak mengikuti latihan olahraga dalam rangka pengembangan anak muda yang positif. Berdasarkan hasil One Way ANOVA terdapat perbedaan perkembangan social emotional yang signifikan antara program latihan tarung derajat terintegrasi social emotional learning, latihan tarung derajat non-Integrasi social emotional learning dan kelompok yang tidak mengikuti latihan olahraga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang ...