cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
ISSN : 16931475     EISSN : 25499777     DOI : doi.org/10.24114/jik
Core Subject : Health, Education,
Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 245 Documents
Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Skipper Arung Jeram Exsplore Sumatera Kabupaten Langkat Puji Ratno; Josephin Siahaan
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 17, No 1 (2018): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v17i1.9962

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Exsplore Sumatera Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif dengan tes dan pengukuran.  Populasi  dan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh skipper arung jeram yang dimiliki oleh Explore Sumatera sebanyak 8 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling.Dari komponen kebugaran jasmani,   ada beberapa komponen yang harus dimiliki oleh skipper arung jeram Explore Sumatera. Meliputi daya tahan jantung paru, kekuatan otot peras tangan kanan, kekuatan otot peras tangan kiri, kekuatan otot extensor punggung, kekuatan otot extensor tungkai, kekuatan otot bahu menarik, kekuatan otot bahu mendorong, daya ledak otot lengan, kelentukan, kecepatan gerak, kelincahan dan keseimbangan. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata Daya tahan jantung paru 4,25, kekuatan otot peras tangan kanan 5,75,kekuatan otot peras tangan kiri 6,0, kekuatan otot extensor punggung 6,25, kekuatan otot extensor tungkai 7,5, kekuatan otot bahu menarik 6,50 dan kekuatan otot bahu mendorong 5,75, daya ledak otot lengan 6,0, kelentukan 6,50, kecepatan gerak 5,0, kelincahan 5,75 dan keseimbangan 10. Dari  seluruh  komponen  yang  diatas,  data  yang  diperoleh  kemudian dikonversikan  semua  nilai  ke  dalam  tabel  konversi  nilai  kebugaran  jasmani, kemudian dicari  nilai  rata-rata  setiap  komponen kebugaran jasmani  skipper arung jeram yang dimiliki oleh Explore Sumatera. Sehingga, dalam penelitian ini diperoleh tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Explore Sumatera dengan nilai rata-rata sebesar: 6,27 dengan jumlah persentase 100% dan kategori sedang. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Explore Sumatera dikategorikan sedang.
PENGARUH METODE CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS Va DAN Vb SEKOLAH DASAR NEGERI 112321 KAMPUNG PAJAK KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA Iwan Saputra
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 14, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v14i1.6103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh metode circuit training terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa putra kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 112321 Kampung Pajak Kabupaten Labuhan batu Utara Tahun Ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan sampel 25 orang siswa yang berbadan sehat. Data tingkat kebugaran jasmani siswa dengan menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) maka diperoleh data awal (Pre-Test) klasifikasi sedang sebanyak 11 siswa, 12 siswa dengan klasifikasi baik dan 2 siswa dengan klasifikasi sangat baik dan pada tes akhir (Post-Test) klasifikasi sedang 5 siswa, 16 siswa dengan klasifikasi baik dan 4 siswa dengan klasifikasi sangat baik. Dengan demikian adanya perubahan tingkat kebugaran jasmani setelah diberikan perlakuan.
PERBEDAAN PENGARUH MEDIA GAMBAR DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL KETEPATAN FLICK ATLET PUTERA SEKOLAH HOKI INDONESIA BANGKIT Muhammad Faisal Anshari Nasution
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Keolahragaan
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i1.6450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh dari media gambar terhadap hasil ketepatan flick atlet hoki;  (2)  Pengaruh dari media video terhadap hasil ketepatan flick atlet hoki; (3) Perbedaan Pengaruh antara media gambar dengan media video terhadap hasil ketepatan flick atlet hoki. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen dengan jumlah populasi yaitu 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling dan diperoleh jumlah sampel yang digunakan sebanyak 12 orang. Instrumen tes menggunakan tes ketepatan flick hoki. Hasil dan simpulan penelitian adalah : (1) Media gambar kurang berpengaruh terhadap hasil ketepatan flick, thitung < ttabel (-1,47 < 2,57).  2). Media video kurang berpengaruh terhadap hasil ketepatan flick, thitung < ttabel (2,22 < 2,57).  3). Media video tidak lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan media gambar terhadap hasil  ketepatan  flick, thitung < ttabel  (-0,25 < 2,23).
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN BELADIRI TARUNG DERAJAT Muhammad Chairad
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i2.6092

Abstract

Tarung Derajat adalah seni ilmu beladiri yang memilki ciri khas dan kemandirian sendiri, seperti sistem pembelaan diri reaksi cepat yang praktis dan efektif dengan gerak anggota tubuh yangrealistis dan rasional. Hal ini adalah logika dan tindakan moral yang memanfatkan senyawa daya gerak otot, otak serta nurani untuk digunakan terutama pada upaya pemeliharaan keselamatan dan kesehatan hidup, seperti menghindari dan mempertahankan diri dari segala bentuk kekerasan yang merusak derajat moral kemanusiaan dan menghormati persamaan hak dan kewajiban dalam pergaulan umum dimanapun berada, serta pencegahan dan pemulihan penyakit fisik dan mental yang menumbuhkan kerusakan pada tatanan kehidupan. Prinsip Tarung Derajat adalah “ Menyerang Untuk Menang”, falsafah latihannya adalah “Aku Belajar Dan Berlatih Beladiri Adalah Untuk Menaklukkan Diri Sendiri, Tetapi Bukan Ditaklukkan Orang Lain”, dan motto pengamalannya adalah “Aku Ramah Bukan Berarti Takut, Aku Tunduk Bukan Berarti Takluk”, serta komando penguasaannya adalah Jadikanlah Dirimu Oleh Diri sendiri”, Kemudian pengabdiannya adalah untuk “ Menegakkan Kehormatan Hidup Dan Meninggikan Derajat Kehidupan”.
MENGATASI STRES DALAM MELATIH Bangun Setia Hasibuan
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v15i2.6137

Abstract

Tingginya  tuntutan dalam melatih dan  persaingan  dalam olahraga kompetisi dapat menyebabkan pelatih menghadapi stres yang terus-menerus dalam mencapai target prestasi atlet. Pada umumnya, apabila stres dapat dikendalikan dengan baik, maka ia dapat berfungsi sebagai rangsang yang menggairahkan bagi pelatih. Stres dapat menyebabkan patah semangat bagi seorang pelatih, yang akan berakibat juga pada atlet. Pelatih yang mengalami patah semangat menemukan bahwa mereka lebih mudah lelah dan tidak memiliki lagi tenaga yang pernah mereka miliki. Mereka sering merasa tak berdaya, muda marah dan kurang kendali atas lingkungannya. Pelatih yang sudah patah atau yang hampir patah semangatnya akan kehilangan kesabaran dan kemungkinan besar menjadi frustasi.
Staf Edukatif di Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed Tuhadi Tuhadi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 12, No 2 (2013): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v12i2.9709

Abstract

Kebugaran jasmani adalah kualitas seseorang untuk melakukan akivitas sesuai pekerjaanya secara optimal tanpa menimbulkan problem kesehatan dan kelelahan berlebihan. Untuk mendapatkan kebugaran yang memadai diperlukan perencanaan sistematis melalui pemahaman pola hidup sehat bagi setiap lapisan masyarakat, meliputi tiga upaya bugar yaitu makan, istirahat dan olahraga. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang bugar, salah satunya menggunakan program latihan beban (weight training). Latihan beban (weight training) dapat membantu tubuh kita mendapatkan kebugaran dengan catatan diakukan teratur dan sesuai program latihan yang dianjurkan.
MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAKAN SENAM JANTUNG SEHAT SERI III PADA SISWA PUTERI KELAS XII SMA BUKIT CAHAYA HUTA MANIK TAHUN AJARAN 2012/2013 Hervina Novanda Sihombing; Zulfan Heri
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6083

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel 30 orang, yang diperoleh dengan teknik total sampling. Selanjutnya di bagi menjadi dua kelompok melalui teknik maching by pairing yaitu kelompok media Audiovisual dan kelompok media Visual. Dalam pengujian hipotesis dinyatakan bahwa jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Haditerima. Ternyata dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel atau 34 > 1,76, sehingga H0 ditolak dan Haditerima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar teknologis melalui media Audiovisual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III pada siswa putri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013. Dalam pengujian hipotesis kedua hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel atau 6,80 > 1,76, sehingga H0 ditolak dan Haditerima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar teknologis melalui media Visual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III pada siswa putri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013. Dalam pengujian hipotesis dinyatakan bahwa thitung < ttabel atau – 0,04 < 1,70, sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa kelompok gaya mengajar teknologis melalui media Audiovisual lebih besar pengaruhnya di bandingkan dengan media visual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KAYANG DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI BANTUAN TEMAN PADA SISWA KELAS X SMK PAB DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012-2013 Tuhadi Tuhadi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Keolahragaan
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v12i1.9241

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya meningkatkan hasil belajar kayang dalam pembelajaran senam lantai melalui bantuan teman pada siswa. SMK PAB Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 14-21 November 2012 selama 2 minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMK PAB Deli Serdang dengan jumlah siswa 90 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu kelas X-1 SMK PAB Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan menggunakan purposive sampling berjumlah 45 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui bantuan teman dapat meningkatkan hasil belajar siswa, nilai rata-rata awal siswa yaitu 63,77 (Tidak Tuntas). Pada tes siklus I nilai rata-rata siswa jadi meningkat yaitu 65,92 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 81,48 (Tuntas). Kata Kunci : Gerakan Kayang, Bantuan Teman, Portofolio
PERBANDINGAN PEREMPUAN DALAM OLAHRAGA DI INDONESIA DENGAN NEGARA COLOMBIA Raswin Raswin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 14, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v14i2.6111

Abstract

Olahraga perempuan termasuk kompetisi amatir dan profesional di hampir semua olahraga dan Negara di Dunia. Partisipasi perempuan dalam olahraga meningkat secara dramatis pada abad kedua puluh, terutama pada kuartal terakhir, yang mencerminkan perubahan dalam masyarakat modern yang menekankan kesetaraan gender. Diskriminasi terhadap perempuan di Indonesia menyebabkan sempitnya kesempatan mereka untuk berperan di masyarakat. Dilain pihak pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmen bersama masyarakat internasional untuk mengatasi aneka diskriminasi tersebut dengan ikut serta meratifikasi konvensi penghapusan semua bentuk diskriminasi terhadap perempuan atau CEDAW (The Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women) pada tahun 1975 di markas besar PBB. Padahal sebagai payung hukum baik CEDAW maupun UU RI no 7 tahun 1984 harus mampu melindungi perempuan dalam berbagai aktivitasnya. Namun isi konvensi dan Undang-Undang tersebut belum sepenuhnya diwujudkan, hingga berhasil mendudukkan perempuan setara dengan kaum laki-laki. Di Kolombia, kehadiran perempuan dalam sepakbola telah tidak diterima oleh pemimpin olahraga khususnya, maupun oleh penonton pada umumnya. Hal ini dianggap sebagai sebuah 'lelucon motif' dimana wanita mencoba untuk meniru laki-laki, dan bahwa, dari perspektif teknik, taktik, strategi, kapasitas dan kemampuan, mereka akan pernah mencapai tingkat yang sama sesuai dengan bukti-bukti yang diberikan oleh penelitian peduli dengan kemampuan motorik dan jenis kelamin.
PENGARUH LATIHAN CURLS DUMBLE TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SMAN 6 KENDARI Abdul Saman
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8309

Abstract

Pengaruh Latihan Curls Dumble terhadap Kemampuan Smash pada Permainan Bola Voli Siswa SMAN 6 KendariPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas XI yang berjumlah 135 orang dan selanjutnya dilakukan seleksi berdasarkan variabel kendali dan diperoleh sampel berjumlah 40 orang siswa. Sesuai dengan rancangan  dalam penelitian ini sampel kemudian dibagi mejadi dua kelompok dengan menggunakan teknik ordinal pairing yakni 20 orang kelompok eksperimen dan 20 orang kelompok kontrol. Pelaksanaan program latihan curls dumble hanya kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan latihan sedangkan kelompok kontrol hanya digunakan sebagai pembanding, Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes smashyang diukur menggunakan satuan nilai 1 sampai 5. Hasil analisis data menggunakan uji t- diperoleh hasil t hitung11,02 > ttabel (19:0,05) = 2,023 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan curls dumble terhadap kemampuan smashpada permainan bola voli siswa SMAN 6 Kendari.

Page 1 of 25 | Total Record : 245