Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 1 (2022)

Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Berbasis Sosiograph untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Guru Sekolah Menengah

Sri Adi Widodo (Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jalan Batikan UH III/1043, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55167.)
Ayu Fitri Amalia (Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jalan Batikan UH III/1043, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55167.)
Sukiyanto Sukiyanto (Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jalan Batikan UH III/1043, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55167.)
Muhammad Irfan (Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jalan Batikan UH III/1043, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55167.)
Krida Singgih Kuncoro (Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jalan Batikan UH III/1043, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55167.)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Background: Meningkatkan kemampuan literasi siswa di era saat ini menjadi hal yang mutlak harus dilakukan oleh guru, tetapi selama pandemic covid-19 kemampuan literasi siswa menjadi kurang maksimal dan pembelajaran tatap muka terbatas belum optimal dilakukan. Memberikan pendampingan kepada guru untuk mendesain kelompok belajar berdasarkan sosiograph untuk mendukung literasi dan program merdeka belajar. Metode: Kegiatan ini diselenggrakan secara hybrid dengan materi sosialisasi miskonsepsi, literasi, sosiograph, implementasi desain pembelajran sosiograph, dan refleksi. Mitra yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 86 Guru matematika dan Science yang yang berasal dari Yogyakarta, MGMP Matematika Ngawi, MGMP matematika Madrasah jawa timur, dan SMK Negeri Bintan Timur. Evaluasi program yang dilaksanakan ditentukan dari kriteria respon peserta terkait kegiatan ini berada pada kategori baik, dan kesediaan guru untuk menyampaikan informasi berkaitan pembelajaran tatap muka terbatas berbasis sosiograph di lingkungan tempat guru bekerja. Hasil: Guru menyakini bahwa desain pembelajaran tatap muka terbatas dengan menggunakan konsep sosiograph untuk membagi kelompok dapat mengurangi miskonsepsi matematis dan meningkatkan kemampuan literasi siswa baik numerasi dan science. Kesimpulan: Pendampingan ini memiliki respon yang baik bagi guru matematika dan science. Selain itu, dari pendampingan ini, guru bersedia untuk mensosialisasikan desain pembelajaran dengan pembentukan kelompok berdasarkan sosiograph.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...