Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran pecahan senilai; (2) mengetahui respon guru dan siswa dalam pembelajaran pecahan senilai melalui teori belajar Dienes; (3)menganalisis kesulitan- kesulitan guru dalam pembelajaran pecahan senilai melalui teori DienesPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan penelitian ini ialah siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan soal test. Analiisis data dalam penelitian ini yaitu bersifat kualitatif yang bersifat uraian kalimat yang tidak dapat diubah dalam bentuk angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu berinteraktif denganguru dan rekannya, mereka lebih mandiri, aktif,interaktif, dan siswa terlihat senang dan gembira selama proses pembelajaran, Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan teori Dienes, Upaya guru dalam pengembangan teori Dienes harus membiasakan siswa dapat bekerjasana dengan temannya tanpa membeda-bedakan kemampuan temannya supaya terjalin kerjasama dan rasa saling menolong dan menghargai teman dalam berkelompok. Guru dalam pembelajaran ini harus lebih bisamenenetukan kesamaan sifat dari siswa yang memiliki karakter yang berbeda. Jadi pada dasarnya pembelajaran pecahan senilai melalui teori Dienes dapat diterapkan meskipun banyak kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi.
Copyrights © 2022