COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 3 (2022)

PEMBELAJARAN PECAHAN SENILAI MELALUI TEORI DIENES DI KELAS IV SDN 195 ISOLA KOTA BANDUNG

Atikah Atikah (Ikip Siliwangi)
Uus Kuswendi (Ikip Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran pecahan senilai; (2) mengetahui respon guru dan siswa dalam pembelajaran pecahan senilai melalui teori  belajar Dienes; (3)menganalisis kesulitan- kesulitan guru dalam pembelajaran pecahan senilai melalui teori DienesPenelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif  dengan metode studi kasus. Partisipan penelitian ini ialah siswa, guru, dan  kepala sekolah. Teknik pengumpulan  data menggunakan, observasi, wawancara, dan  soal test. Analiisis data dalam penelitian ini yaitu bersifat kualitatif yang bersifat uraian kalimat  yang tidak dapat diubah dalam bentuk angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu berinteraktif denganguru dan rekannya, mereka lebih mandiri, aktif,interaktif, dan siswa terlihat senang dan gembira selama proses pembelajaran, Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran   dengan teori Dienes, Upaya guru dalam pengembangan  teori Dienes harus membiasakan siswa dapat bekerjasana dengan temannya  tanpa membeda-bedakan kemampuan temannya supaya terjalin kerjasama dan  rasa saling menolong dan menghargai teman dalam berkelompok. Guru  dalam pembelajaran ini  harus lebih bisamenenetukan kesamaan sifat dari siswa yang memiliki    karakter yang berbeda. Jadi pada dasarnya pembelajaran pecahan senilai melalui teori Dienes  dapat diterapkan meskipun banyak kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...