Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 17, No 2 (2012): Jurnal Pengajaran MIPA

MODEL PEMBERIAN TUGAS RESITASI (M-APOS) YANG DILAKSANAKAN DENGAN BAHASA INGGRIS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA CALON GURU

Nurlaelah, Elah ( Jurusan Pend.Matematika)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2015

Abstract

Makalah ini menyajikan hasil observasi terhadap pembelajaran Aljabar Matrik  yang menggunakan model M-APOS yang dilaksanakan dalam Bahasa Inggris untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri mahasiswa calon guru. Implementasi pembelajaran menggunakan siklus ADL yang terdiri dari fase activities, fase class discussion dan fase exercises. Fase activities dalam penelitian dilaksanakan melalui tugas resitasi, dimana mahasiswa menyiapkan presentasi dengan memanfaatkan media power point dan menyajikannya dengan menggunakan bahasa inggris. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa proses pembelajaran ini  memberikan fasilitas dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mahaiswa dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis, belajar mandiri, menumbuhkan percaya diri  dan memiliki tanggung jawab dalam menggali konsep yang harus dikuasainya.  Hasil penelitian inipun menunjukkan bahwa aktivitas yang diberikan dapat menumbuhkan keterampilan menyajikan suatu materi dalam bentuk presentasi, memaksa mahasiswa untuk berkomunikasi matematika dengan bahasa inggris, dimana hal ini belum biasa dilaksanakan dalam perkuliahan umum. Kata Kunci : daya matematis, model pembelajaran M-APOS, siklus ADL 

Copyrights © 2012