Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dan sel confodence siswa pada etnik tidayu . subjek dari penelitian ini adalah siswa SMPN 5 Singkawang kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif . instrumen dalam penelitian ini yaitu tes tertulis kemampuan komunikasi matematis dan non tes yaitu angket sel confodence. Hasil dari penelitian ini adalah pada etnik Tionghoa pada kategori hasil angket sedang berjumlah 4 siswa dan hasil angket rendah berjumlah 1 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar 36 termasuk pada kategori sedang. Pada etnik Dayak pada kategori hasil angket sedang berjumlah 5 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar 9 termasuk pada kategori rendah. Selain itu, terlihat bahwa etnik Melayu pada kategori hasil angket sedang berjumlah 4 siswa dan rendah berjumlah 1 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar 31 termasuk pada kategori rendah.
Copyrights © 2021