Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2021): Maret 2021

Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa

Mulyanto Mulyanto (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Wawan Purwanto (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Hasan Maksum (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Eko Indrawan (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi disiplin belajar, efikasi diri dan iklim sekolah terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri yang berjumlah 153 orang siswa.  Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan test hasil belajar. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik berupa korelasi dan regresi yang akan digunakan untuk pengujian hipotesis-hipotesis penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis keempat diperoleh nilai statistic signifikansi pada uji F sebesar 30,560 dengan probabilitas 0,000, karena nilai probabilitas tersebut kecil daripada alpha 0,05 atau pada taraf kepercayaan 95%. Untuk uji dua pihak, dengan Ftabel didapat sebesar 2,766. Diperoleh nilai Fhitung>Ftabel maka H0 ditolak, artinya bahwa terdapat kontribusi antara disiplin belajar, efikasi diri dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa. Dengan terdapatnya korelasi yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar, efikasi diri dan iklim sekolah secara bersama-sama memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar sebesar 62,1%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...