Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2021): Maret 2021

Kontribusi Sumber Belajar dan Internal Locus of Controll Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Andi Mulia (Universitas Negeri Padang)
Wakhinuddin Wakhinuddin (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi sumber belajar terhadap hasil belajar, kontribusi Internal Locus of Controll  terhadap hasil belajar, serta kontribusi sumber belajar dan Internal Locus of Controll  secara bersama-sama terhadap hasil belajar.  Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional, populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI di SMK sebanyak 77. Penelitian ini menetapkan kelas XI TBSM 1 dan kelas  XI TBSM 2 sebagai sampel yaitu sebanyak 51 orang siswa, dan kelas Uji coba kelas XI TBSM 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal  locus of controll berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 33,41%; sumber belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 31,36% serta  sumber belajar dan internal  locus of controll berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 40,83%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sumber belajar dan internal  locus of controll secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran simulasi komunikasi digital di SMK.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...