Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2021): Oktober 2021

Presentation Content Structuredness: How does It Affect the Audience?

Tono Suwartono (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Miftahul Furqon (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Masih banyak pendidik yang belum dapat memanfaatkan slide PowerPoint dengan baik. Guru biasanya membuat slide yang penuh dengan teks, kecuali yang dimaksudkan untuk menunjukkan contoh teks, yang tidak akan mengesankan penonton. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah struktur konten presentasi berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan audiens. Pengalaman profesional menunjukkan bahwa banyak orang membuat presentasi gagal dalam misi mereka karena mereka memiliki kendala dengan masalah ini. Studi ini menggunakan salah satu Desain Pra-Eksperimental dengan melibatkan empat puluh delapan mahasiswa sarjana yang bergabung dengan Forum Akademik yang diadakan oleh departemen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur presentasi memiliki dampak yang signifikan terhadap penguasaan audiens terhadap materi yang disajikan. Selain itu, presentasi mendapat tanggapan positif dari para hadirin terutama karena beberapa alasan, yaitu: materi yang relevan dan cara penyampaian yang disukai, presentasi yang sudah baik dan penyelenggaraan acara yang memuaskan, dan porsi pengalaman yang sesuai, kemungkinan besar disebabkan oleh upaya sengaja presenter untuk menyusun materi agar audiens tetap terlibat selama presentasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...