Tujuan yang hendak dalam penelitian ini adalah 1) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode bermain peran, 2) Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan pembelajran bahasa indonesia dengan metode bermain peran, 3) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh peserta didik kelas IV SDN 02 Gidangelo tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 29 peserta didik kelas IV dengan menggunakan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan perolehan nilai keterampilan berbicara. Pada pratindakan nilai rata-rata 65,80 dan jumlah ketuntasan peserta didik sebesar 31%. Lalu pada siklus I diterapkan metode bermain peran memperoleh nilai rata-rata 75,86 dan jumlah ketuntasan peserta didik sebesar 62%. Artinya, penggunaan metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik, akan tetapi hasil yang diperoleh belum melampaui target yang ditentukan peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,77 dan jumalh ketuntasan peserta didik sebesar 72%. Kesimpulannya bahwa metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik.
Copyrights © 2019