Journal of Education Action Research
Vol 3 No 2 (2019): May 2019

Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa

Anugerah Husada (Universitas PGRI Semarang)
Mei Fita Asri Untari (Universitas PGRI Semarang)
Ahmad Nashir Tsalatsa (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

Tujuan yang hendak dalam penelitian  ini adalah 1) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan  metode bermain peran, 2) Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan pembelajran bahasa indonesia dengan metode bermain peran, 3) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode bermain peran. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan.  Subjek penelitian  adalah  guru dan seluruh  peserta didik kelas IV  SDN 02 Gidangelo tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 29 peserta didik kelas IV dengan menggunakan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan perolehan nilai keterampilan berbicara. Pada pratindakan nilai rata-rata 65,80 dan jumlah ketuntasan peserta didik sebesar 31%. Lalu pada siklus I diterapkan metode bermain peran memperoleh nilai rata-rata 75,86 dan jumlah ketuntasan peserta didik sebesar 62%. Artinya, penggunaan metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik, akan tetapi hasil yang diperoleh belum melampaui target yang ditentukan peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,77 dan jumalh ketuntasan peserta didik sebesar 72%. Kesimpulannya bahwa metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...