Journal of Education Action Research
Vol 5 No 4 (2021): November 2021

The Use of Dictogloss to Teach Writing in Junior High School

Axel Valentino Sugondo (Universitas Pendidikan Ganesha)
IGA Lokita Purnamika Utami (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Pasek Hadisaputra (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Kondisi yang terjadi di dalam kelas adalah siswa sulit untuk menulis paragraf sederhana dalam bahasa Inggris melalui teknik menghafal. Siswa mudah lupa dan sulit menyusun poin-poin penting dalam proses menulis dengan teknik menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan dictogloss dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan menyusun ide, khususnya dalam menulis teks deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas. Hal ini dilakukan untuk melihat peningkatan kemampuan menulis teks deskriptif siswa menggunakan dictogloss dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik dictogloss memotivasi siswa untuk memiliki ide yang lebih luas untuk menulis teks deskriptif mereka. Dengan meminta siswa mengerjakan tugas dalam kelompok, mereka senang menyelesaikan tugas secara bersama-sama. Mereka juga lebih baik dalam tugas individu ketika mereka mencoba mengembangkan paragraf mereka. Meskipun komponen menulis mereka masih belum cukup baik, hasil menulis mereka meningkat dari tes pra-penilaian ke tes akhir siklus. Berdasarkan permasalahan tersebut, dictogloss dapat menjadi panduan yang berguna untuk membantu siswa lebih lancar dalam menulis ide-ide mereka. Ini adalah teknik guru membacakan teks pendek kepada siswa dan siswa hanya mendengarkan. Kemudian, guru membacakan kembali teks tersebut untuk kedua kalinya dan siswa menuliskan kata kunci teks tersebut di kertas mereka, kemudian siswa membuat paragraf lengkap berdasarkan kata kuncinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...