Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 3 No 3 (2019): Agustus 2019

Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar

Putri Oktavia Wulan Sari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Kota Salatiga)
Naniek Sulistya Wardani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Kota Salatiga)
Tego Prasetyo (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Kota Salatiga)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan minat belajar siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran saintifik Example Non Example (S-ENE) terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive stratified quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen lembar observasi yang dilengkapi rubrik penilaian minat belajar. Teknik analisis data menggunakan uji t. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal yakni df. 24, sig. 0,129 > 0,05, dan df. 27, sig.0,053 > 0,05. Kedua kelas eksperimen dan kontrol adalah homogen yang ditunjukkan dengan sig. 0,723> 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran S-ENE terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. T-hitung 4,802 > 2,095 t-tabel, maka terdapat perbedaan pembelajaran S-ENE dan pembelajaran langsung terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...