Mimbar Ilmu
Vol. 26 No. 3 (2021): Desember

Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah

I Dewa Ayu Made Budhyani (Undiksha, Singaraja, Indonesia)
Made Diah Angendari (Undiksha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2021

Abstract

Pada umumnya, mahasiswa yang sedang menulis skripsi sering mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi sangatlah beragam, mulai dari kurang memahami permasalahan yang akan diteliti, terbatasnya referensi, kurang menguasai teori, belum memiliki keinginan untuk memulai menulis, sibuk bekerja,dan sebagainya. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kesulitan mahasiswa PKK dalam menulis karya ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa angkatan tahun 2017 dan tahun 2018 yang sedang mengambil mata kuliah skripsi sebanyak 89 orang. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1) Pengorganisasian data, baik informasi dari hasil wawancara, maupun kuesioner. 2) Membaca data secara keseluruhan dan dikelompokkan, 3) Membuat uraian tentang kesulitan yang dialami mahasiswa 4) Menyajikan hasil pembahasan secara deskriptif, dan 5) Mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adalah kesulitan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa adalah kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah khususnya skripsi belum bisa dikatakan optimal, hal ini ditunjukkan dari hasil angket yang disebarkan dimana 73,0 % pengetahunnya cukup dalam menulis skripsi 23,6% mahasiswa kurang paham dalam menulis skripsi dan 3,4% kemampuan dalam menulis karya ilmiah sangat kurang. Jadi, kesulitan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa adalah mengumpulakan ide-ide untuk tugas akhir, kemampuan menulis karya ilmiah serta pengumpulan sumber bacaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...