Qathrun Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Islam
Vol 5 No 1 (2018): Juni 2018

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWATERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI

Hunainah Hunainah (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Dede Fatchuroji (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukan beberapa siswa yang memperoleh prestasi belajar yang baik, sementara latar belakang pendidikan dan kecerdasan emosionalnya kurang, sebaliknya ada siswa yang memiliki orang tua dengan kecerdasan emosional yang baik, dimana orang tuanya juga memiliki latar belakang tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi hasil belajarnya rendah. Selain itu terdapat suatu kenyataan bahwa siswa yang memiliki orang tua yang berlatar belakng penidikan rendah atau tidak berpendidikan ternyata siswa tersebut mampu meraih prestasi belajar yang baik. Sebaliknya keluarga yang berpendidikan tinggi ternyata kurang berhasil dalam mendidik anaknya sehngga mendapatkan prestasi belajar yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa Kelas XI di SMKN 1 Kragilan? (2) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosinal siswa terhadap prestasi belajar PAI siswa Kelas XI di SMKN 1 Kragilan? (3) Apakah latar belakang pendidikan orang tua dan kecerdasan emosional siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa Kelas XI di SMKN 1 Kragilan? Penelitian ini bertujuan: Untuk Mengetahui adanya pengaruh latar belakng pendidikan orang tuadan kecerdasan siswa terhadap prestasi belajar PAI. Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi 440 siswa kelas XI dari 13 rombel kemudian diambil sampel secara acak 44 siswa, dengan sumber data primer diperoleh dari tes dan koesioner sebanyak 20 soal, Pengolahan data menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian terdapat pengaruh latar belakang pendidikan orang tua X1 dan kecerdasan emosional X2 terhadap prestasi belajar PAI siswa Y secara sendiri-sendiri X1 terhadap Y sebesar 12,9% dalam katagori sangat rendah, X2 terhadap Y sebesar 40,6% dalam katagori sedang. Sedangkan secara bersama-sama X1 dan X2 terhadap Y sebesar 50,6% masuk dalam sedang, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengolahan data diperoleh persamaan regresi yang terbentuk anatar X1, X2 dan Y adalah = 11.562 + 1.038 X1 + 0, 557 X2 artinya jika X1, dan X2 diabaikan maka Y sebesar 11.562 Dan setiap penambahan 1 point pada X1 akan memberikan tambahan Y sebesar 1.038 dan setiap penambahan 1 point pada X2 akan memberikan tambahan Y sebesar 0,557 Persamaan regresi ini signifikan pada X1 dengn nilai signifikansi 0,00 < 0,05, dan signifikan pada X2 dengan nilai sig 0,00 < 0,05.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

qathruna

Publisher

Subject

Other

Description

QATHRUNÂ: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Islam invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies in the areas of Islamic Education, which cover the following research focuses: Learning strategy of Islamic education Development of Islamic education curriculum ...