Berajah Journal
Vol. 2 No. 2 (2022): May

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN GARIS BILANGAN

Aam Amaliyah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Gita Mahardhika (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Nur Sania Lubis (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ryani Husnul Hothimah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan. Terdapat beberapa siswa yang merasa kesulitan dan keliru dengan soal penjumlahan bilangan bulat. Metode yang digunakan wawancara, observasi, tes kemudian data dianalisis dengan kualitatif deskriptif. Dalam pembelajaran matematika para siswa belum memahami konsep secara penuh dalam penyelesaian masalah. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan tes bahwa pemahaman siswa dalam operasi hitung penjumlahan bilangan bulat menggunakan garis bilang lebih mudah dipahami siswa dibanding tidak menggunakan garis bilangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...