Jurnal Borneo Cendekia
Vol 1 No 2 (2017)

PENGARUH PENDIDIKAN SELF HYPNOSIS TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI HAID (Studi di SMA PGRI 2 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur)

Migy Rahman (STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun)
Rahaju Ningtyas (STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun)
Eko Sari Ajiningtyas (STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2017

Abstract

Pendahuluan nyeri haid merupakan nyeri yang dirasakan ketika menstruasi. Tidak jarang nyeri tersebut mengganggu proses belajar mengajar di sekolah ketika nyeri tersebut datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh pendidikan self hypnosis terhadap penurunan intensitas nyeri haid di SMA PGRI 2 Sampit. Bahan dan metode penelitian: Jenis penelitan ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan dasain penelitian  menggunakan metode pre eksperiment design  dengan pendekatan one  group  pretest-post test design pada siswi SMA PGRI 2 Sampit tahun 2017 khususnya dikelas X dan XI seluruhnya berjumlah 53 orang siswi yang dijadikan populasi dan dijadikan sampel sebanyak 53 responden dengan teknik pengambilan sampling yaitu total sampling. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self hypnosis terhadap nyeri haid maka perlu di analisis bivariat dengan menguji tingkat nyeri dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Instrumen yang dugunakan adalah lembar observasi.Nyeri haid sebelum diberikan self hypnosis sebagian besar dari responden berskala nyeri 7-9 yaitu sebanyak 34 responden (64%). Sedangkan nyeri haid sesudah diberikan self hypnosis, hampir dari setengahnya responden mengalami nyeri ringan yang berjumlah yaitu 25 responden (47%). Hasil penenelilitan: Dengan hasil uji wilcoxon signed rank test dengan menggunaka aplikasi spss 16.0. di dapatkan nilai p= 0,000 menunjukan nilai p< 0,005 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Kesimpulan: Penelitian dapat simpulkan bahwa ada Pengaruh  pendidikan self hypnosis terhadap penurunan intensitas nyeri haid di SMA PGRI 2 Sampit.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jbc

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Borneo Cendekia adalah jurnal yang menerbitkan artikel dalam bidang kesehatan yaitu keperawatan, kebidanan, analis kesehatan dan ...