Relevan
Vol 1 No 1 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN PEMECAHAN MASALAH MODEL KOOPERATIF STAD DAN NHT

Tiwi Risati (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 146 siswa, sedangkan sampelnya diambil dari kelas MIA-2 dan MIA-3 dengan jumlah 30 siswa di kelas eksperimen 1 dan 30 siswa di kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan terdiri dari; tes kemampuan pemecahn masalah matematis berupa Pre-test dan post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji tuckey, yang hasilnya menunjukkan bahwa thitung>ttabel atau 6,84842475 > 2,0018 maka dapat disimpulkan bahwa hasil temuan ini menunjukkan: Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Pembelajaran STAD; NHT; Pemecahan Masalah. ABSTRAK This study aims to determine the differences in students' mathematical problem solving abilities who are taught using the Student Team Achievment Division (STAD) and Number Head Together (NHT) learning models on the material derived from algebraic functions in class XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura which consists of 5 classes totaling 146 students, while the samples were taken from class MIA-2 and MIA-3 with a total of 30 students in experimental class 1 and 30 students in experimental class 2. The sample used is cluster random sampling. The instruments used consist of; mathematical problem solving ability test in the form of pre-test and post-test. The hypothesis test of this research uses the Tuckey test, the results of which show that tcount > t table or 6.84842475 > 2.0018, it can be concluded that these findings indicate: There are differences in the mathematical problem solving abilities of students who are taught using the Student Team Achievment Division cooperative learning model. better than students who are taught using the Number Head Together learning model on the derivative material of algebraic functions in class XI of SMA Negeri 1 Tanjung Pura for the 2018/2019 academic year. Keywords : STAD Learning; NHT; Problem Solving.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...