Relevan
Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH

Al Bisilla Al Ali Daulay (UIN Sumatera Utara)
Indra Jaya (UIN Sumatera Utara)
Isran Rasyid Karo-Karo (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran numbered head together dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X MAS NU Sibuhuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAS NU Sibuhuan tahun pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 8 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas X MIA  1 dan X MIA  2 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dan kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey.  Hasil temuan ini menunjukkan:1) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik daripada model pembelajaran numbered head together. 2) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik daripada model pembelajaran numbered head together. 3) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik daripada model pembelajaran numbered head together. 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : Numbered Head Together; Problem Based Learning; Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah   ABSTRACK      This study aims to determine the effect of numbered head together and problem based learning learning models on students' critical thinking and problem solving abilities on the material of a three-variable linear equation system in class X MAS NU Sibuhuan. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class X MAS NU Sibuhuan for the academic year 2020-2021, totaling 8 classes. The samples used by the researchers were students of class X MIA 1 and X MIA 2, each of which amounted to 30 students to serve as the experimental class determined by random sampling. Data was collected using a test instrument for students' critical thinking skills and problem solving abilities. Data analysis was carried out by analysis of variance (ANOVA) and then continued with the Tukey test. These findings indicate: 1) the effect of the problem based learning model on students' critical thinking and problem solving abilities is better than the numbered head together learning model. 2) the effect of the problem based learning model on students' critical thinking skills is better than the numbered head together learning model. 3) the effect of the problem based learning model on students' problem solving abilities is better than the numbered head together learning model. 4) there is no interaction between the learning model on students' critical thinking skills and problem solving abilities. Keywords : Numbered Head Together; Problem Based Learning; Critical thinking; Solution to problem.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...