Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa bagi dunia pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara offline kini berubah menjadi pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model ADDIE, bagaimana keefektifan dan kepraktisan penggunaan media pembelajaran.. Jenis penelitian ini adalah Research and Develpoment dengan menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes, angket dan masukan/saran dari dosen ahli, guru matematika dan peserta didik. Media pembelajaran berupa video pembelajaran yang dikembangkan melalui aplikasi kine master menerapan model ADDIE. Media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator dengan nilai 90,55% berarti sangat valid.Tingkat keefektifan media pembelajaran dinilai berdasarkan hasil tes belajar yang dilakukan terhadap kelas X IPA 2. 30 dari 36 peserta didik dinyatakan tuntas belajar, dengan perhitungan ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 83% 75% dan dengan uji N-Gain menunjukkan hasil signifikan dan menunjukkan kategori 0.30 75 % and the N-Gain test showed significant results and indicated the 0.30
Copyrights © 2021