Jurnal Miyang : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal
Vol 2 No 1 (2022): April (2022): Sosial Ekonomi Wilayah Pesisir dan Laut

Penggunaan Media Perendaman dari Daun Kelor (Moringa oleifera L.) dengan Konsentrasi yang Berbeda Terhadap Daya Rekat dan Daya Tetas Ikan Lele Mutiara (Clarias gariepinus): The Use of Soaking Media From Moringa Leaves (Moringa oleifera L.) With Different Concentrations on Adhesion And Hatchability of Pearl Catfish (Clarias gariepinus)

Erry Angga Andwityo Yohanes (Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe)
Jumiati Jumiati (Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe)
Sri Rahmaningsih (Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun kelor (Moringa oleifera L.) sebagai media perendaman dengan konsentrasi yang berbeda terhadap daya tetas ikan lele mutiara (Clarias gariepinus). Parameter yang diamati yaitu daya rekat dan daya tetas telur.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan uji F. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai daya rekat telur pada perlakuan K (kontrol), A (15 ppt), B (20 ppt) dan C (25 ppt) yaitu Fhitung (121,83) > F5% (4,07) dan F1% (7,59) terdapat perbedaan sangat nyata (P<0,01) diantara keempat perlakuan. Nilai rata-rata daya rekat telur pada perlakuan K (kontrol) 2,13%, A (15 ppt) 2%, B (20 ppt) 1,47% dan C (25 ppt) 1%. Dosis terbaik pada perlakuan C (25 ppt). Nilai Nilai daya tetas pada perlakuan (kontrol), A (15 ppt), B (20 ppt) dan C (25 ppt) yaitu Fhitung (40,67) > F5% (4,07) dan F1% (7,59) terdapat perbedaan sangat nyata (P<0,01) diantara keempat perlakuan. Nilai rata-rata daya tetas telur pada perlakuan K (kontrol) 50%, A (15 ppt) 73,3%, B (20 ppt) 80% dan C (25 ppt) 83,3%,. Dosis terbaik pada perlakuan C (25 ppt).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

miyang

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Jurnal Miyang (J.Miy) : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Ronggolawe, Tuban, Indonesia. MIYANG Ronggolawe Fisheries and Marine Science terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan ...