Education and Counseling Journal
Vol 1 No 2 (2021): : EDISI AGUSTUS

PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SD NEGERI 01 PADANG LAWEH KABUPATEN DHARMASRAYA

avinda dwi gusri andini (universitas dharmas indonesia)
Faradilla Intan Sari (universitas dharmas indonesia)
Lika Apreasta (universitas dharmas indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan menggunakan jenis Pre- Experimental Design. Rancangan bentuk desain Pre- Experimental yang digunakan yaitu one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pre-test dan post-test) yaitu dengan tes soal yang bersifat tes soal uraian untuk mengukur keterampilan membaca permulaan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis melalui t dengan taraf nyata 0,05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan metode metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...