Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
Vol. 5 No. 2 (2014): Desember 2014

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MANAJEMEN DAN SUPERVISI PENDIDIKAN

Yudin Citriadin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2014

Abstract

Pengembangan bahan pembelajaran merupakan bagian dari upayamemperbaharui kualitas pembelajaran dan salah satu alternatif untukmeningkatkan hasil belajar mahasiswa (output). Selain cara belajar,bahan pembelajaran yang baik juga dapat meningkatkan hasil belajarmahasiswa. Antara penerapan model-model pembelajaran denganpengembangan bahan pembelajaran berupa bahan pembelajaransebenarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk mempermudahpenyampaian materi perkuliahan. Perbedaan antara keduannya adalahpenerapan model-model pembelajaran merupakan langkah terorganisiruntuk menyampaikan materi pelajaran secara langsung, sedangkanbahan pembelajaran merupakan sarana untuk mengorganisir materiperkuliahan dan menyampaikannya secara tidak langsung. Denganbahan pembelajaran yang berkualitas dan mudah dimengerti, dapatmenjadikan mahasiswa lebih mudah menyerap materi. Merujuk padakenyataan adanya perubahan setiap ilmu, maka pengembangan suatuproduk ilmu pengetahuan menjadi sebuah pilihan untuk memperbaharuipengetahuan yang tidak sesuai lagi dengan kondisi dan fakta yang ada.Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian eksperimen,dengan model pengembangan desain pembelajaran Dick and Carey.Instrument pengumpulan data menggunakan: observasi, angket, teshasil belajar. Untuk menganalisa data yang terkumpul dilakukan denganmenggunakan analisis persentase dan deskripsi kualitatif. Teknikpersentase digunakan untuk menyajikan data yang merupakan frekuensiatas tanggapan subjek ujicoba terhadap produk desain pembelajaran.Analisis kualitatif deskriptif. Tujuan menganalisis data dalam penelitianini adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yangkemudian menarik kesimpulan.Hasil penelitian adalah 1) Implementasi dengan tersedianya bahan ajarmemberikan keuntungan: pertama, bagi mahasiswa antara lain melatihmahasiswa memahami materi manajemen dan supervisi pendidikanyang disajikan dan mengerjakan soal-soal latihan; kedua bagi dosendapat memberikan pelayanan profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; ketiga bagi lembaga diharapkan dapat memberikankontribusi pada sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran.Terciptanya kondisi pembelajaran menyenangkan dan berpusat padamahasiswa dimana mahasiswa lebih aktif dan antusias dalam mempelajaribahan ajar sehingga keterbacaan bahan ajar semakin meningkat. 2)Semula pembelajaran manajemen dan supervisi pendidikan di jurusanpendidikan IPS Ekonomi yang menggunakan power point, denganadanya pengembangan model dick and carey yang dilakukan penelitimaka terpenuhi kebutuhan bahan ajar manajemen dan supervisipendidikan sesuai dengan karakteristik mahasiswa yang ditinjau darikegiatan pembelajaran, aktivitas mahasiswa, respon mahasiswa dan hasilbelajar mahasiswa

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

society

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram ...