Buletin Poltanesa
Vol 23 No 1 (2022): Juni 2022

Bioaktivitas Ekstrak Daun Maja (Aegle marmelos l. Corr.) sebagai Insektisida Nabati terhadap Kepik (Epilachna Admirabilis)

Ismail Astar (Agroteknologi, Universitas Panca Bhakti)
Setiawan (Agroteknologi, Universitas Panca Bhakti)
Sherly Oktarianty (Agroteknologi, Universitas Panca Bhakti)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Telah dilakukan uji bioaktivitas ekstrak daun maja (Aegle marmelos L.Corr) sebagai insektisida nabati terhadap kepik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ekstrak daun maja sebagai insektisida nabati dengan menggunakan metode bioasay tes terhadap kepik. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia dan green house Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti Pontianak pada bulan November 2020 sampai Februari 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 3 perlakuan dan 1 kontrol dan 3 kali pengulangan. Hasil uji fitokimia ekstrak kasar dan fraksi kloroform mengandung flavonoid, steroid, tannin, alkaloid dan saponin, sedangkan pada fraksi etanol hanya terdeteksi mengandung senyawa alkaloid dan saponin. Nilai LC50 dari uji bioassay untuk ekstrak kasar, fraksi kloroform dan fraksi etanol daun maja berturut-turut sebesar 0,973%, 1,602% dan 2,186%. Sedangkan untuk uji antifeedant ekstrak kasar memiliki nilai mortalitas paling tinggi sebesar 93,33% selama 3 hari pengujian. Ekstrak daun maja dapat dijadikan sebagai insektisida nabati terutama ekstrak kasar daun maja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...