KERN : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Vol 7 No 1 (2021): Jurnal KERN: April 2021

Analisa Kesuburan Hutan Mangrove Menggunakan Data Citra Satelit Dengan Metode Wilcoxon (Studi Kasus Mangrove Wonorejo Surabaya)

Hendrata Wibisana (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran"Jawa Timur)
Siti Zainab (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran"Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Wisata mangrove Wonorejo sering juga disebut sebagai Wisata Anyar Mangrove (WAM) atau mangrove Gunung Anyar karena memang kawasan hutan mangrove Wonorejo juga berada di kawasan Gunung Anyar. Kawasan hutan mangrove atau hutan bakau ini pada awalnya dibangun oleh lembaga masyarakat Wonorejo karena mereka prihatin akan kondisi pantai Timur Surabaya yang sering kali mengalami abrasi. Selain itu juga untuk menjaga keberadaan hutan di Surabaya yang semakin berkurang. Sekarang pengelolaan kawasan hutan mangrove Wonorejo ini sudah diambil alih oleh pemerintah lokal dan dikembangkan terus menerus, karena kawasan hutan ini tidak hanya berpotensi sebagai kawasan wisata tetapi juga sebagai kawasan perlindungan bagi satwa liar. Untuk mengetahui kondisi saat ini apakah wisata mangrove ini mengalami kesuburan atau ketidak suburan, dilakukan penelitian dengan cara membandingkan data antara data citra tahun 2015 dengan data citra tahun 2019 dengan menggunakan citra satelit dan metode pengujian Wilcoxon. Analisa dengan sofware SeaDAS dan metode Wilcoxon. Menghasilkan persamaan regresi pada setiap band, band-5 memberikan nilai R yang terbaik. Model Algoritma Citra Landsat 2015 adalah Power D = 7.588(R_band5)-1.126dengan nilai R= 0.7994 dan Model Algoritma citra Landsat 2019 adalah Power D= 6E + 07(R_band5)8.7054 dengan nilai R=0.6352. Pengujian Wilcoxon menunjukkan hasil bahwa H1 diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara Diameter mangrove dari citra satelit tahun 2015 dengan Diameter mangrove dari citra satelit tahun 2019.Sedangkan jumlah rangking Positif dari Diameter mangrove citra satelit tahun 2015 lebih besar dibandingkan dengan Diameter mangrove dari citra satelit tahun 2019, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kawasan mangrove Wonorejo Surabaya mengalami perubahan yaitu kesuburan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kern

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

The relevant topics of the latest progressive findings or developments will be taken seriously into consideration, the topics covered by the journals include: - Construction and Building Materials - Structural Engineering - Geotechnic - Water Resources / hydrology - Construction Management - ...