Jurnal Pendidikan Hayati
Vol 7 No 1

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas IX A Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Metode Tutor Sebaya di MTsN 1 Hulu Sungai Utara

Elya Sukaisih (MTsN 1 Hulu Sungai Utara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah metode tutor sebaya dengan menerapkan dua tahap pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX A MTsN 1 Hulu Sungai Utara. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penelitian ini disusun tiga siklus dan setiap siklus terdapat 2 tahap yaitu (1) penjelasan materi Bangun Ruang Sisi Lengkung yang dibantu tutor masing-masing kelompok serta dilanjutkan pengerjaan LKS secara berkelompok (2) pembahasan LKS dan pemantapan materi. Hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat memberi manfaat baik bagi siswa yang berperan sebagai tutor maupun bagi siswa yang diajarkan. Serta menambahkan wawasan baru bagi siswa karena siswa diberi kesempatan untuk tampil dihadapan teman-teman dan dipercaya sebagai tutor. Pembelajaran yang semula membosankan dengan diskusi dan tidak berjalan maka dengan metode tutor sebaya pembelajaran terasa hidup dan berkualitas. Berdasarkan hasil observasi dan hasil refleksi pada siklus III, yang mencapai ketuntasan belajar sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 90,91% dan keterlaksanaan metode sudah maksimal yaitu 90,48%. Hal ini ternyata melalui pemanfaatan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IX A MTsN 1 Hulu Sungai Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Oleh karena itu disarankan bagi guru matematika yang mengajar di MTsN 1 Hulu Sungai Utara sebaiknya menggunakan metode tutor sebaya dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Library & Information Science Other

Description

Berisi artikel-artikel ilmiah baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing, yang memuat tentang kependidikan dan kajian ilmu - ilmu pengetahuan alam dan sosial dan memfasilitasi publikasi hasil-hasil penelitian maupun pemikiran konseptual serta turut mengembangkan pendidik dan dunia ...