STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 1 No 1 (2016): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Novia Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2016

Abstract

Salah satu tuntutan ideal Kurikulum 2013 adalah pemanfaatan TIK untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas pembelajaran.Pemanfaatan TIK terintegrasi dengan semua mata pelajaran sebagai sarana dan media pembelajaran. Kedudukan TIK dalam pembelajaran antara lain: (a) Mempermudah kerjasama pendidik dan peserta didik serta menghilangkan batasan ruang, jarak, dan waktu, (b) Berbagi informasi (sharing information) sehingga mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan, dan (c) Menyediakan pembelajaran yang mudah diakses oleh banyak orang (virtual school), berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan sekolah. Bahasa Indonesia sebagai penghela mata pelajaran lain (carrier of knowledge), jumlah jam pengajarannya ditambahkan pada jenjang pendidikan menengah pertama. Mengingat bertambahnya beban mengajar guru Bahasa Indonesia, hadirnya TIK sebagai sarana dan media pembelajaran akan memudahkan proses pembelajaran tersebut. Penambahan beban ini dilakukan karena materi pembelajaran Bahasa Indonesia dianggap menujang memecahkan masalah kehidupan atau mencapai tujuan dalam dunia nyata dengan menggunakan teks sebagai alat utama komunikasi. Implementasi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis TIK mampu diterapkan dalam keterampilanberbahasa, seperti menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan pembelajaran apresiasi sastra

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

STI

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa ...