Jurnal Biology Education
Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Biology Education Edisi Khusus

HUBUNGAN PENDAPATAN KELUARGA, PENDIDIKAN, DAN PENGETAHUAN IBU BALITA MENGENAI GIZI TERHADAP STUNTING DI DESA ARONGAN

Alvi Fitri (Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM UTU, Meulaboh)
Lili Eky Nursia N (Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM UTU, Meulaboh)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Terdapat 9 dari 69 balita mengalami stunting di Desa Arongan. Perlu kajian mengenai pendapatan, pendidikan dan pengetahuan ibu balita mengenai gizi terhadap stunting. Jenis penelitian adalah survei analitik pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Desa Arongan Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya pada bulan Desember 2021. Populasi seluruh ibu memiliki balita sebanyak 69 ibu. Sampel 58 ibu diambil menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner (pendapatan, pendidikan, dan pengetahuan ibu balita mengenai gizi) dan observasi (data status gizi (TB/U) balita). Teknik analisis data secara univariat dan bivariat  dengan aplikasi SPSS. Analisis univariat untuk mendeskripsisikan karakteristik pendapatan, pendidikan, dan pengetahuan ibu. Analisis bivariat yaitu uji chi-square untuk mengetahui hubungan pendapatan keluarga, pendidikan, dan pengetahuan ibu mengenai gizi terhadap stunting tingkat nilai sig (α) = 0,05. Jika p-value kurang dari sig (α) (p-value 0,05) maka ada hubungan pendapatan keluarga, pendidikan, dan pengetahuan ibu balita mengenai gizi terhadap stunting. Hasil penelitian tidak ada hubungan pendapatan keluarga dengan stunting di Desa Arongan (0,75 0,05). Ada hubungan pendidikan terakhir ibu balita dengan stunting di Desa Arongan (0,00 0,05). Ada hubungan pengetahuan ibu balita mengenai gizi dengan stunting di Desa Arongan (0,00 0,05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...