Jurnal Biology Education
Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Biologi Education

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)

Syifa Saputra (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Dalam proses pembelajaran biologi, guru diharapkan dapat menciptakan situasi belajar yang menarik bagi siswa baik di dalam dan di luar kelas. Wawancara dengan guru biologi SMA Negeri 2 Bireuen menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini mengikutsertakan seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bireuen tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 223 siswa. Sampel merupakan siswa kelas XI MIA 6 dengan 35 siswa pada kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 siswa dengan 32 siswa pada kelas kontrol. Teknik analisis data berpa uji normalitas dan uji keseragaman. Hasil untuk keterampilan proses ilmiah adalah dengan persentase minimum 58,75, persentase maksimum 73,5, rata-rata 63,96, dan standar deviasi 3,91. Rata-rata persentase keterampilan proses ilmiah siswa pada kelas eksperimen adalah 72,82 lebih tinggi dari rata-rata persentase 63,96 pada kelas kontrol. Perhitungan uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap data siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan pendekatan saintifik diperoleh 0,000 p (tajam penglihatan). Karena p (tajam penglihatan) yaitu 0,000 0,05 hipotesis ditolak. Maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dipadu media audio visual dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA Negeri 2 Bireuen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...