Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): May

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG

Rima Oktaviana (UIN Raden Fatah Palembang)
Sujinal Arifin (UIN Raden Fatah Palembang)
Harisman Nizar (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan Jenis penelitian adalah eksperimen dan desain penelitian “posttest-only control group design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan dua kelas X yang dijadikan sebagai sampel peneltian berjumlah 40 orang. Variabel yang digunakan berupa variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengumpulan Data menggunakan tes, kemudian pengujian hipotesisi digunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen didapat nilai rata-rata 71,5 dan kelas kontrol 64,7. Sehingga hasil analisis dan kesimpulan didapatkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lenterasriwijaya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Sarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian ...