Chemistry Education Review
Volume 2 Nomor 2 Maret 2019

ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASAM BASA PADA TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF DI KELAS XI IPA SMA/MA DI KEC. BULUKUMPA

Santi Hasmarani (Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati . (Universitas Negeri Makassar)
Ruslan . (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal asam basa kelas XI IPA di SMA/MA di Kec. Bulukumpa dan mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal asam basa kelas XI IPA di SMA/MA di Kec. Bulukumpa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendekripsikan keterampilan kritis dan kreatif siswa dalam mengerjakan soal kimia SMA/MA khususnya asam basa. Metode pengumpulan data melalui pengambilan data dengan cara melakukan tes keterampilan berpikir kritis dan kreatif dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis di SMA/MA di Kec. Bulukumpa memiliki kategori yang tergolong rendah, persentase indikator yang memiliki nilai yang lebih baik yaitu pada indikator memberikan klarifikasi dasar dan paling rendah yaitu mengatur strategi dan taktik serta keterampilan berpikir kreatif di SMA/MA di Kec. Bulukumpa memiliki kategori yang tergolong rendah juga walupun kategori dari tiap indikator memiliki nilai yang berber-beda pula namun masih dalam kategori rendah.  persentase indikator yang memiliki nilai yang lebih baik yaitu pada indikator kelancaran dan keluwesan serta yang paling rendah yaitu keaslian Kata kunci  : keterampilan berpikir kritis, Keterampilan berpikir kritis, asam basa   ABSTRACTThis aim of the study is to find out the critical thinking skills of students in acid-base class XI IPA in the SMA / MA in Kec. Bulukumpa and know the critical thinking skills of students in acid base problem class XI IPA in the SMA / MA in the district. Bulukumpa. This research is a qualitative descriptive study that describes students' critical and creative skills in working on the chemistry problems of SMA / MA especially acid-base. Methods of collecting data through data collection by conducting tests of critical and creative thinking skills and interviews. The results of this study indicate that critical thinking skills in SMA / MA in Kec. Bulukumpa has a relatively low category, the percentage of indicators that have a better value is that the indicator provides the basic and clarification, but lowest in strategies and tactics. Creative thinking skills in the SMA / MA in Kec. Bulukumpa has a relatively low category, although the categories of each indicator have different values but are still in the low category. the percentage of indicators that have a better value is the indicator of fluency and flexibility and the lowest is authenticity Keywords: critical thinking skill, creative thinking skill, acid base

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Chemistry Education Review mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi pendidikan kimia, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran kimia, teori dan praktik pendidikan kimia, pengembangan perangkat dan materi pembelajaran kimia, pendidikan guru kimia, dan kegiatan lainnya yang ...