Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN)
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan

Manajemen Kurikulum Dan Penilaian Pendidikan Kejuruan Sekolah Pertanian Pembangunan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Arman Maulana (STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Manajemen kurikulum adalah sebuah bentuk usaha atau upaya bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran khususnya usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Dalam upaya – upaya tersebut diperlukan adanya evaluasi, perencanaan, dan pelaksanaan yang merupakan satuan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan kurikulum; (2) Pelaksanaan kurikulum; (3) evaluasi kurikulum yang diterapkan dalam proses manajemen kurikulum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah stakeholder di SMK SPP Tanjungsari yaitu kepala program keahlian, guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Bukti validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yaitu Expert Judgement dan validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komponen manajemen kurikulum dapat dikategorikan sangat baik dengan kategori aspek kerangka dasar kurikulum sangat baik, kategori aspek struktur kurikulum sangat baik, kategori aspek beban belajar sangat baik, dan kategori aspek kalender sangat baik. (2) Komponen manajemen pembelajaran dapat diktegorikan baik dengan capaian aspek perencanaan pembelajaran sebesar 80%, aspek pelaksanaan pembelajaran sebesar 100%, aspek penilaian hasil pembelajaran sebesar 70%, dan aspek pengawasaan pembelajaran sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran si SPP Tanjungsari secara umum dapat dikategorikan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilpen

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) adalah jurnal peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Yayasan Azka Hafidz Maulana. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) merupakan wadah bagi para peneliti, cendekiawan, profesional, praktisi dan mahasiswa untuk berbagi dan berbagi ...