Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 19, No 1 (2022): Socia: Jurnal Ilmi-ilmu Sosial

Relevansi Pemikiran Paulo Freire terhadap Pendidikan di Aceh

Khairul Amin (Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pidie, Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie, Aceh)
Siti Ikramatoun (Program Studi Sosiologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Halik Halik (Universitas Jabal Ghafur, Sigli)
Darwin Darwin (Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pidie, Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie, Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Saat ini pendidikan Aceh berada pada peringkat 27 secara nasional dan hanya berada satu tingkat di atas Papua yang berada pada posisi 28 dari 34 provinsi. Kondisi ini tentu menjadi realitas yang menghawatirkan dan sekaligus memberikan sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan sebagai mana mestinya dalam praktik pendidikan di Aceh. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik-kritik Freire terhadap praktik pendidikan yang kemudian dapat menjadi salah satu pemicu rendahnya kualitas pendidikan di Aceh. Harapannya, relevansi pemikiran Paulo Freire tentang praktik pendidikan dapat menjadi bahan refleksi dan pelajaran untuk menciptakan praktik pendidikan yang lebih baik sehingga kualitas pendidikan Aceh juga ikut membaik. Dalam menyelesaikan artikel ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi literatur. Adapun data-data dalam artikel ini bersumber dari literatur-literatur yang relevan dan dari hasil observasi penulis selama terlibat aktif di dunia pendidikan. Artikel ini menyimpulkan bahwa dalam konteks pendidikan di Aceh, kritik Freire perlu dipertimbangkan terutama dalam proses pembelajaran dalam ruang-ruang kelas. Proses pendidikan harus mampu menyadarkan siswa atas kondisi yang dihadapinya dalam keseharian dan pembelajaran gaya bank harus ditinggalkan agar ruang kelas tidak menjadi dunia yang asing bagi siswa.

Copyrights © 2022