Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Efektivitas Strategi Pembelajaran Geografi pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bontang

Maria Evanrista Roslovenia Ndoi (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Made Astawa (Universitas Pendidikan Ganesha)
Putu Indra Christiawan (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) menganalisa strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di masa pandemic COVID19 (2)mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru geografi pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19, (3)menganalisis efektivitas strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di masa pandemi COVID 19. Populasi penelitian adalah guru geografi  di Kota Bontang berjumlah 16 orang dan 6 orang  adalah sampel penelitian secara non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan  populasi siswa berjumlah 525 siswa penentuan sampel secara ‘proposional random sampling’ mengambil 10% dari jumlah siswa, yaitu 53 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1)strategi pembelajaran yang terapkan yakni kooperatif, ekspositorik, inquiri, dan problem solving.Strategi yang digunakan dalam pembelajaran sesuai (79,17%) dengan tujuan, lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, sintak pembelajaran. 20,83% Guru menyatakan ketidaksesuaian  strategi yang digunakan, terutama sintak pembelajaran, (2) kendala yang dihadapi guru geografi (83,33%) saat pembelajaran daring berasal dari siswa, yaitu jaringan, fasilitas, kompetensi dan evaluasi. 7,54 % siswa tidak memiliki smartphone yang berbasis android sehingga akses menjadi terbatas dan tidak memiliki laptop untuk pembelajaran daring (3) Efektivitas  strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di Kota Bontang pada masa pandemi COVID 19 tergolong efektif, yaitu 85,67%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...