Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) menganalisa strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di masa pandemic COVID19 (2)mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru geografi pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19, (3)menganalisis efektivitas strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di masa pandemi COVID 19. Populasi penelitian adalah guru geografi di Kota Bontang berjumlah 16 orang dan 6 orang adalah sampel penelitian secara non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan populasi siswa berjumlah 525 siswa penentuan sampel secara ‘proposional random sampling’ mengambil 10% dari jumlah siswa, yaitu 53 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1)strategi pembelajaran yang terapkan yakni kooperatif, ekspositorik, inquiri, dan problem solving.Strategi yang digunakan dalam pembelajaran sesuai (79,17%) dengan tujuan, lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, sintak pembelajaran. 20,83% Guru menyatakan ketidaksesuaian strategi yang digunakan, terutama sintak pembelajaran, (2) kendala yang dihadapi guru geografi (83,33%) saat pembelajaran daring berasal dari siswa, yaitu jaringan, fasilitas, kompetensi dan evaluasi. 7,54 % siswa tidak memiliki smartphone yang berbasis android sehingga akses menjadi terbatas dan tidak memiliki laptop untuk pembelajaran daring (3) Efektivitas strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di Kota Bontang pada masa pandemi COVID 19 tergolong efektif, yaitu 85,67%.
Copyrights © 2022