Tubrukan merupakan pertemuan antara dua benda dalam sesuatu peristiwa,dimana dalam tubrukankapal dapat menimbulkan terbentuknya deformasi sampai robeknya lambung kapal. Penelitian tubrukanhaluan kapal SPOB ADELINE 01 1459 GT dengan lambung kapal MT. KUANG 5263 GT menggunakanmetode elemen hingga dengan software Abaqus 6.14. Penelitian ini menggunakan 2 variasi sudut dan 3 variasikecepatan. Ketebalan pelat yang digunakan yaitu 10 mm, dengan variasi kecepatan 3 knot, 4 knot dan 6 knotsedangkan variasi sudut 30° dan 90°. Besar energi kinetik yang dihasilkan dalam masing-masing kecepatandengan variasi sudut 30° secara berturut - turut 2.3346x106 ????, 4.0565x106 ???? ,dan 9.0187x106 ???? sedangkanuntuk variasi sudut 90° secara berturut – turut 2.3469x106 ????, 4.1174x106 ???? dan 9.0680x106 ???? . Analisa unutuknilai von misses maksimum pada kecepatan 3 knot adalah 3.90E+08, dan 3.94E+08 pada kecepatan 4 knot4.04E+08 dan 4.05E+08 dan pada kecepatan 6 knot 4.21E+08, dan 4.37E+08. Hasil analisa menunjukkankerusakan pada badan kapal akan bertambah dengan bertambahnya kecepatan dan arah sudut 90° menjadisudut termaksimal. Sehingga dengan ditambahkannya kecepatan dan keadaan tubrukan kearah sudut 90° akanmemberikan kerusakan dan deformasi yang terbesar pada kapal.
Copyrights © 2022