Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 15, No 1 (2022): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Matematis Dan Self-Efficacy Siswa

Ade Irwansah Nasution (Universitas Negeri Medan)
Izwita Dewi (Unknown)
Dian Armanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis Blended learning pada pembelajaran matematika.; 2) mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa menggunakan perangkat berbasis Blended learning pada pembelajaran matematika; dan 3) mengetahui peningkatan efikasi diri siswa dengan menggunakan pembelajaran perangkat berbasis Blended learning pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D ( define, design, develop, dan menyebarkan) Thiagarajan dan Semmel (1974) dengan mengembangkan perangkat berbasis Blended Learning. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Islam Al-ulum Terpadu Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Islam Al-ulum Terpadu Medan kelas XI MIA tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perangkat pembelajaran berbasis Blended Learning dalam meningkatkan kemampuan kreativitas matematis dan belajar siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan kreativitas matematis siswa menggunakan perangkat yang telah dikembangkan berbasis Blended Learning dilihat dari N-Gain 0,83 artinya berada dalam kategori “Tinggi”;3) Peningkatan Self-efficacy siswa menggunakan perangkat yang telah dikembangkan berbasis Blended Learning   dilihat dari Nilai N-Gain 0,14 artinya berada dalam ketegori “Rendah” atau hanya sedikit mengalami peningkatan kemampuan Self-efficacy.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...