Lembaran Ilmu Kependidikan
Vol 51, No 1 (2022): April: Technology and Innovation in Education, Leadership, Policy, and Educatio

Sistem Informasi Manajemen Dokumen Akreditasi Program Studi Pendidikan Jarak Jauh

Widiyanto, Widiyanto (Unknown)
Wahyuningsih, Sri Suharmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi yang digunakan untuk pengelolaan dokumen akreditasi program studi khususnya Pendidikan jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penyusunan sistem adalah System Development Life Cycle. Penelitian ini telah tersusun desain sistem informasi manajemen dokumen akreditasi prodi PJJ. Sistem disusun berdasarkan instrumen akreditasi program studi versi 4.0 (IAPS 4.0) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). IAPT 4.0 terdiri dari 9 Kriteria antaralain; Standar 1 Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, Standar 2 Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama, Standar 3. Mahasiswa, Standar 4. Sumber Daya Manusia, Standar 5. Keuangan, Sarana dan Prasarana, Standar 6. Pendidikan, Standar 7. Penelitian, Standar 8. Pengabdian kepada Masyarakat, Standar 9. Luaran dan Capaian Tridarma. Aplikasi yang dibangun dapat digunakan untuk multi prodi. Hasil uji coba dengan user menunjukkan respon yang positif dalam penggunaan aplikasi untuk pengelolaan dokumen akreditasi. Pengguna dipermudah dalam pengelolaan dokumen dan pencarian kembali dokumen yang sudah disusun. Masukan pengguna untuk sistem in antaralain; penambahan notifikasi pengingat deadline dan update data, pilihan tampilan front end, data dosen disetiap UPBJJ beserta profilnya.

Copyrights © 2022