Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 14, No 1 (2022): JURNAL ARABIA

Korelasi Antara Kemampuan Bernalar Dengan Hasil Belajar Shorof Santri Madrasah Aliyah Kelas XI Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa

Salmah Islamiati (Universitas Negeri Makassar)
Hasmawati Hasmawati (Universitas Negeri Makassar)
Sarah Noviyanti Latuconsina (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan bernalar dengan hasil belajar santri kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa. Variabel dalam penetian ini adalah kemampuan bernalar sebagai variabel bebas dan hasil belajar Shorof santri sebagai variabel terikat.  Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik rdanom sampling dan terpilih XI IPA 1  sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah santri sebanyak 19.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diuji dengan korelasi Pearson Product Moment. Adapun hasil korelasi antara kemampuan bernalar santri dengan prestasi hasil belajar shorof menunjukkan menunjukkan nilai sig. sebesar 0,159>0,05. Hal ini menunjukkan tidak adanya korelasi  yang signifikan antara variabel kemampuan bernalar dengan hasil belajar shorof santri.

Copyrights © 2022