Panduan praktikum perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi belum berbasis inkuiri sehingga mahasiswa kurang aktif memecahkan masalah pada saat melakukan praktikum. Perlu adanya pengembangan panduan praktikum yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif dalam memecahkan masalah dan diperlukannya pembaruan informasi dari panduan praktikum yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan mengetahui respon mahasiswa terhadap panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi siklus estrus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmen (RD) dengan model pengembangan 4D. Tahapan prosedur pengembangan, yaitu define, design, development, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi, angket validasi media, dan angket respon mahasiswa. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh skor sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator media diperoleh skor sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil ujicoba pada mahasiswa skala kecil diperoleh skor sebesar 83,3% dengan kriteria “layak” dan hasil ujicoba pada mahasiswa skala besar diperoleh skor sebesar 85,70% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi siklus estrus dinyatakan layak untuk digunakan dalam praktikum perkembangan hewan.
Copyrights © 2022