Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 10, No 2 (2022): JUNI 2022

PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dhina Cahya Rohim (Universitas Muhammadiyah Kudus)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

AbstractDistance learning that lasts a long time makes mathematics learning outcomes less than optimal so a strategy is needed to overcome this. One way that can be used is to apply the example non example model. This study aims to determine the effect of the non-example model on students' mathematics learning outcomes in elementary schools. This research method is a quasi-experimental research that contains two variables, namely the independent variable in the form of a non-example model and the dependent variable, namely learning outcomes. The population in this study was 67 students from the fifth grade students of SD Muhammadiyah 1 Kudus. Samples were taken randomly and was selected as the experimental class and the control class each with a total of 25 students. Data collection techniques using test. Data analysis was performed using t-test. The average value of the experimental class was 83.4 while the control class was 76.16. while the results of the hypothesis test showed that the value of sig(2-tailed) was 0.000 so that Ha was accepted. So it can be concluded that there is an effect of using a non-example model on students' mathematics learning outcomes. Keywords:  example non example; learning model; math learning outcomes AbstrakPembelajaran jarak jauh yang berlangsung cukup lama membuat hasil belajar matematika kurang maksimal sehingga diperlukan strategi untuk mengatasi hal tersebut. Salah cara yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan model example non example. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model example non example terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang memuat dua variabel yaitu variabel bebas berupa model example non example dan variabel terikat yakni hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus yang berjumlah 67 siswa.  Sampel diambil secara acak sehingga terpilih kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol masing – masing sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 83.4 sedangkan kelas kontrol sebesar 76.16. sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model example non example terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: example non example; hasil belajar matematika; model pembelajaran  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp186-195

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...