Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Setya Medika
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Setya Medika

Formulasi DAN UJI stabilitas fisik sediaan sabun Cair pembersih kewanitaan (feminiNe hyegiene) ekstrak etanol herba pegagan (Centella asiatiCa (L) urb.)

Pramita Yuli Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Herba pegagan yang memiliki familia Apiace ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Pegagan merupakan herba yang tidak memiliki batang dengan rimpang pendek dan solan melata. Herba pegagan juga memiliki Senyawa antifungi yang berasal dari beberapa besar tanaman yang diketahui memiliki kandungan senyawa saponin yang dapat mengakibatkan turunnya tegangan permukaan sehingga pertumbuhan jamur terhambat. Tujuan penelitian ini adalah memformulasikan sabun cair pembersih kewanitaan yang mengandung ekstrak etanol herba pegagan sebagai antijamur Candida albicans penyebab keputihan dengan melakukan uji stabilitas fisik dengan variasi konsentrasi. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen murni (True Experiment). Ekstrak etanol herba pegagan diperoleh dengan cara maserasi menggunakan etanol 70%. Ekstrak kemudian dilakukan skrining fitokimia yang meliputi uji alkaloid, uji flavonoid dan uji saponin. Formula sabun pembersih kewanitaan dibuat dengan ekstrak etanol 25%. Dan dibuat variasi pada asam stearat diantaranya 1,5%, 1,6%, 1,7%, dan diuji evaluasi fisik yang meliputi uji organoleptis, homogenitas, pH, tinggi busa dan uji iritasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa formula 1 merupakan formulasi terbaik dan memenuhi syarat pengujian untuk sediaan sabun cair dengan warna hijau tua, berbentuk cair, berbau khas dari ekstrak herba pegagan, nilai pH 6, dan tinggi busa 1 cm. Dari ketiga formulasi, formula II dan formula III berbentuk kental, memiliki nilai pH 7 dan tinggi busa 0,5 cm hal ini disebabkan oleh perngaruh dari variasi asam stearat. Dari hasil skrining fitokimia menunjukan bahwa ekstrak etanol herba pegagan yang digunakan memiliki senyawa kimia saponin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bsm

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Bhakti Setya Medika jurnal tentang ilmu kesehatan yang diterbitkan oleh Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia dan merupakan jurnal yang menaruh titik fokus pada bidang kesehatan, mulai dari bidang kerfarmasian, manajemen infomasi kesehatan, rekam medis, hingga teknologi transfusi darah ...